Produksi daging adalah pembuangan makanan.

Di seluruh muka bumi diberi makan kepada hewan sebesar 735 Miljar Kilogram. Yang dibutuhkan untuk transpor macam begitu adalah 12,3 milyun kareta barang dari kareta api. Kareta api sepanjang itu bisa melingkungi enam kali khatulistiwa.
Bagi konsumsi setiap orang Belanda dibutuhkan di dalam dan diluar negeri 1,20 ha tanah., sedangkan yang tersedia per penghuni bumi adalah 0,2 ha permukaan tanah pertanian.
Di Belanda sekitar 1,3 milyun ha dimanfaatkan bagi produksi rumput dan jagung untuk makanan peternakan sapi. Negeri Belanda menggunakan selain tanah sendiri juga masih sama banyak tanah di negera yang sedang berkembang seperti Thailand( singkong), Maleisie, Brasil (kacang kedele) dan Argentina untuk produksi makanan hewan. Untuk makanan hewan yang campuran dibutuhkan 5,4 milyun ha tanah.
Badan baku bagi makanan ayam dan babi diimpor sebesar 75% dari luar negeri. Sekitar satu per tiga asal dari negeri yang sedang berkembang.

 
     

Produksi daging adalah cemaran lingkungan hidup

Unsur dari hujan asam  yang terbesar dan yang bisa merusak hutan dan padang secara gawat adalah peternakan (60%) dan lalu lintas (18%).
Tahun 1997 peternakan sapi Belanda memproduksikan 77/093 milyun kilo kotoran hewan. Di semprot di kota Amsterdam berarti seluruh kota ditutup dengan 25 cm kotoran yang berbau.
Dengan kotoran hewan dari perternakan di Belanda tahun 1997 140 milyun kg ammoniak (NH3) satu badan yang merugikan yang menyebabkan “hujan asam”. Dengan jumlah begitu kami bisa isi 1,45 miljar botol ammomia.
Selain itu untuk memproduksikan setengah kg daging dibutuhkan 11,25 liter air.
Kebutuhan air jauh lebih kurang untuk makanan vegataris atau veganist (orang yang tidak makan telur, daging atau produk susu) memberi selama satu tahun makanan. Dengan air yang dibutuhkan untuk konsumsi daging sapi di Belanda, sepertiga dari seluruh penghuni bumi bisa memenuhi kebutuhan air mereka selama satu tahun.

 

Produksi daging adalah pembuangan energi
(daya alam)

Produksi dan konsumsi daging adalah sumbangan paling penting(18%) dari pemanasan bumi (efek gas rumah kaca).  Kalau semua orang Belanda memutuskan tiga hari tidak makan daging, effek gas kaca rumah akan dikurangi sebasar tiga milyun mobil diambil dari jalan lalu lintas di Belanda.
Dalam penggantian zat telur nabati ke zat telur hewan juga ada lagi kehilangan banyak zat gizi. Empat kg zat telur nabati (makanan hewan) bisa dapat hanya satu kg zat telur hewan.
Rata-rata produksi satu kg daging  membutuhkan 14,7 kali lebih banyak energi daripada produksi zat telur nabati.  Untuk memproduksikan satu kg daging anak sapi perlu seratus kali lebih banyak energi daripada satu kg kentang. Sibidang tanah yang normal dengan rumput “memberi” kira-kira 330 kg daging. Sebidang tanah yang sama juga bisa “memberi” 40.000 kg kentang. Tahun 1994 di Belanda 40% dari konsumsi gandum di kasih makan hewan, itulah cukup untuk 44 biji roti setahun per penghuni Belanda.